Cara Cepat Bikin Lampu Hazard Tanpa Modul Hanya 5 Menit Ala Biker Plesir

oleh

Cara cepat bikin lampu hazard tanpa modul hanya 5 menit untuk melakukan perjalanan jauh yang biasa kita sebut juga touring.

Biker Plesir

Pasti sering kita temui banyak rombongan atau klub motor yang melakukan touring baik yang dikawal oleh polisi atau rombongan mereka  sendiri yang menjelajah antar kota dan provinsi di Indonesia atau karena ada acara biker dikota lain atau hanya adventure saja.

Tujuan mereka adalah menjelajahi indahnya alam Indonesia baik di pegunungan,perbukitan,jalan yang  terjal dan area yang dianggap menantang.

Bahkan ada biker yang melakukan touring antar negara tetapi perlu kita apresiasi kepada rombongan motor atau yang kita sebut klub motor yang selalu aktif dalam kegiatan sosial baik dalam penggalangan dana untuk korban bencana alam, mengadakan santunan anak yatim dan ikut membantu aparat polisi saat ada momen rutin tahunan yaitu mudik lebaran.

Banyak klub motor yang mendirikan tempat istirahat/rest area bagi pemudik yang ingin beristirahat karena merasa capek melakukan perjalanan jauh.

Semoga dari kegiatan-kegiatan tersebut bisa membuat citra baik dari klub motor yang terkenal sebagai perusak ketertiban dan ugal-ugalan dijalan raya saat melakukan touring di mata masyarakat indonesia.

Fungsi Umum Lampu Hazard

Sebelum membahas cara cepat bikin lampu hazard tanpa modul hanya 5 menit  perlu kita ketahui penggunaan lampu hazard atau touring yang disalah artikan oleh sebagian pengendara sepeda motor atau pengendara mobil juga yang membuat pengendara lain terganggu dan berikut beberapa penyalah gunaannya:

1. Menggunakan lampu hazard saat kondisi kendaraan tidak dalam masalah.

Karena hal ini bisa membahayakan pengendara lain yang berada dibelakangnya  bingung dengan isyarat yang diberi karena lampu hazard adalah tanda pemberi peringatan darurat sedangkan keadaan tidak dalam kondisi darurat.

2. Menyalakan lampu hazard saat melakukan perjalanan bersama atau touring secara bersama-sama.

Membuat pengendara lain terganggu dan kadang geram dengan aksinya yang mengatasnamakan pengendara baik dan santun tapi tidak tahu fungsi dari lampu hazard tersebut.

3. Membuat bingung pengendara lain saat memberi isyarat melakukan touring.

Ketika kita temui rombongan motor yang melakukan touring biasanya mereke memberikan penunjuk atau isyrat kepada teman rombongan mereka yang tidak dipahami masyarakat umum. Sehingga pengendara lain bingung dan kadang hal ini yang membuat terjadinya kecelakaan dijalan seperti tiba-tiba menyalakan lampu hazard saat melintas dan dalam keadaan kencang.

Pemasangan

Untuk itu marilah kita utamakan kenyamanan, keamanan dan ketertiban sesama pengendara motor dalam berkendara dijalan raya khususnya saat melakukan perjalanan touring bersama-sama. Dan berikut cara cepat bikin lampu hazard tanpa modul hanya 5 menit:

1. Siapkan saklar on/off dan pasang pada stang diposisi kiri.

 

 

 

2. Cari jalur kabel lampu sein pada holder kiri sambungkan atau lilitkan kabel pada saklar dengan catatan bukan kabel hitam  karena itu kabel ground.

 

lampu hazard
auto-champion.com

 

3. Tutup kabel yang sudah disambungkan dengan solasi hitam dan disarankan menggunakan solasi bakar.

4. Nyalakan mesin motor terlebih dahulu untuk menghindari sekring putus.

5. Sebelum menyalakan saklar lampu hazard pertama nyalakan terlebih dahulu salah satu saklar sein kanan atau kiri.

 

Semoga langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan benar dan bermanfaat untuk teman-teman biker dan catatan untuk setiap motor berbeda letak jalur kabel dan warna kabelnya. Ini langkah-langkah yang diterapkan pada motor honda cb150r dan yamaha vixion. Terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat kekeliruan.

Salam satu aspal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *