Tensioner Honda Karisma Solusi KLOTOK2 Biker Plesir

oleh
tensioner karisma

Tensioner Honda Karisma Solusi Klotok-klotok – Semangat Pagi Sahabat biker plesir. Semoga semua dalam keadaan sehat, bagi pecinta otomotif pasti tak asing dengan istilah klotok-klotok pada tensioner. Yang paling menjadi perbincangan adalah sepeda motor sport keluaran honda yaitu honda cb 150r.
Dari generasi pertama hingga keluaran terbaru All New honda CB150R Facelit.
Banyak konsumen yang mengeluhkan mengenai masalah tensioner. Seperti keluarna sepeda motor All New Honda CBR150R, All New Honda CB150R Streetfire dan Honda Sonic 150R, beberapa pemilik honda CBR150R dan Honda CB150R menemukan masalah bunyi klotok-klotok di bagian engine. Banyak yang mengangkat bunyi klotok-klotok tensioner sebagai bahan diskusi di grup otomotif baik di media sosial atau acara customer smile honda.

HONDA CB150R

tensioner karisma

Sepeda motor sport yang bermesin 150 cc ini merupakan salah satu Unit andalan penjualan honda. Terbaru adalah All New Honda CB150r facelift 2018. Dari keluaran generasi pertama Old Cb150r hingga New Cb150r facelift masalahnya masih sama yaitu belum hilangnya bunyi klotok-klotok. Setelah diselidiki ada part yang bermasalah yaitu Tensioner Lifter. Tensioner Honda Karisma
Posisi Tensioner berada pada posisi sebelah kiri blok mesin atas.

TENSIONER KARISMA

Fungsi dari Tensioner Lifter adalah pendorong cam chain guide. Masalah bunyi klotok-klotok setelah dilakukan penegecekan. Bunyi tersebut disebabkan oleh tegangnya cam chain guide (ketegangan keteng) yang tidak bekerja dengan baik akibat keteng dalam kondisi lemah atau rusak.

Resiko yang ditimbulkan dari bunyi klotok-klotok adalah cukup besar yaitu cam chain akan loncat pada saat tutup klep dibuka sehingga tenaga yang dihasilkan cukup berat dan menjadi lemah.

Benturan antara klep dengan piston juga akan terjadi akibatnya akan lebih fatal yaitu mesin akan mati dan drop. Sangat berbahaya ya sahabat. Solusi terbaik adalah konsultasi dengan datang ke bengkel resmi ahass untuk memperbaiki part tersebut atau menggantinya dengan part yang baru.

Ada juga beberapa sahabat biker plesir yang menyarankan mengganti tensioner asli dengan tensioner honda karisma untuk menghilangkan bunyi klotok-klotok tersebut. Ada yang berpendapat setelah mengganti tensioner honda karisma bunyi tersebut akan hilang. Tetapi, dikemudian hari akan kembali bunyi klotok-klotok lagi. Semoga kedepan AHM sebagai pabrikan otomotif honda di indonesia bisa menyelesaikan tersebut. Semoga Bermanfaat.

SALAM SATU ASPAL

SALAM PECINTA OTOMOTIF SAHABAT BIKER PLESIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *