DAMPAK KNALPOT BOBOK !! Info Biker Plesir

oleh
DAMPAK KNALPOT BOBOK

DAMPAK KNALPOT BOBOK – Semangat Pagi Sahabat Biker Plesir. Penggunaan knalpot pada sepeda motor sangat penting karena berfungsi untuk mengeluarkan CO2 atau gas karbondioksida dan sisa gas lain dari pembakaran pada mesin sepeda motor. Knalpot standar dari pabrik dibuat untuk kebutuhan sepeda motor.

Penggunaan Knalpot Bobok atau knalpot bedilan pada sepeda motor dapat meningkatkan tenaga pada mesin sepeda motor. Sehingga knalpot ini sering digunakan untuk acara balap. Namun ada beberapa pendapat penggunaan knalpot bobok dapat merusak mesin?

DAMPAK KNALPOT BOBOK

knalpot bobok

Ada yang berpendapat  penggunaan knalpot bobok yang menghasilkan suara bising ini tidak merusak mesin. Namun penggunaan knalpot ini dengan jangka waktu yang lama dapat membuat pembakaran dalam mesin tidak sempurna.

Akibatnya karburator cepat kotor dan pada mesin injeksi, filter udara akan cepat kotor sehingga sahabat biker harus segera mengganti filter udara supaya tenaga mesin tidak berat.

Pembuatan knalpot racing sebenarnya lebih baik dari pada knalpot bobok. Karena pembuatan knalpot racing diproduksi secara masal. Sehingga produsen memperhitungkan secara rinci dan detail tempat pembuangan gas dari pembakaran mesin.

Pabrikan atau produsen dalam memproduksi knalpot selalu mengutamakan kebutuhan konsumen. Dari yang suara lembut untuk mesin 2 tak sampai dengan mesin 4 tak 2 silinder. Jadi mengganti knalpot  standar dari pabrik sahabat harus melakukan setting ulang.

Penyetingan saat sahabat mengganti knalpot adalah dengan mengatur karburator atau pada mesin injeksi hanya mengatur settingan gas dan kopling. Cek juga perpak knalpot karena pada saat perpak sudah rusak, otomatis udara atau debu dapat dengan mudah masuk ke dalam mesin melalui lobang pembuangan knalpot.

Akibatnya adalah tarikan motor berat dan bahan bakar boros. Jadi utamakan saat mengganti knalpot cek juga leheran dan perpaknya. Karena ketika sepeda motor dipasang knalpot yang tidak standar dari pabrik maka kinerja mesin jauh lebih meningkat namun keadaan mesin akan jauh lebih cepat panas. Kesimpulannya adalah lebih baik gunakan knalpot bawaan pabrik. Dan jika ingin mengganti dengan knlapot lain usahakan selalu cek silincer, leheran dan perpak knalpot.
Semoga Bermanfaat

SALAM SATU ASPAL

SALAM MODIFIKASI SAHABAT BIKER PLESIR

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *