Wisata Religi Pangeran Purbaya (wippas) Putra Sultan Hadiwijaya

oleh
Wisata Religi Pangeran Purbaya

Wisata Religi Pangeran Purbaya ( WIPPAS ) – Objek wisata yang terletak di area persawahan di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang  Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah.

Pemerintah Kabupaten Pemalang meresmikan wisata ini pada bulan Agustus tahun 2016. Pengunjung awal wisata ini adalah dari masyarakat pemalang sendiri khususnya masyarakat sekitar desa surajaya. Setelah dikenal luas melalui promosi oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.

Wisata Pangeran Purbaya Surajaya bisa dikenal hingga luar kabupaten pemalang dan bahkan  mancanegara.

Wisata Religi Pangeran Purbaya

 

Akses Jalan menuju wisata ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.  dari Alun-alun pemalang membutuhkan 30 menit perjalanan. Rutenya yaitu dari alun-alun pemalang ke arah selatan kurang lebih 3 kilometer sampai bertemu perempatan pasar paduraksa ambil ke arah kanan (barat). Kurang lebih 2 kilometer belok ke kiri (selatan) dan ikuti petunjuk jalan menuju wisata pangeran purbaya surajaya.

 

 

 

Tiket Masuk dan Fasilitas

Wisata Religi Pangeran Purbaya

 

 

 

 

 

 

 

 

Setiap pengunjung dikenakan tarif tiket masuk Rp.3.000,00. Tenang saja sudah tersedia lahan parkir yang luas dan toilet untuk pengunjung.  Di dalam  wisata pangeran purbaya terdapat beberapa warung pondok  yang menyediakan makanan dan minuman. Mulai dari teh hangat,kopi dan makanan seperti mendoan dan nasi dengan lauk tradisional desa surajaya.

Ada juga beberapa pedagang yang menjual pernak pernik kerajinan khas pemalang seperti cindera mata dan pakaian wisata pangeran purbaya . Sebagai pelengkap terdapat penjual buah pisang dan kacang sebagai umpan untuk kera-kera yang berkeliaran.

Baca Juga : 

Wisata Religi Pangeran Benowo Park Penggarit – biker plesir.com

 

 

Candi dan Waduk Wisata Religi Pangeran Purbaya

Wisata Religi Pangeran Purbaya

Terdapat waduk yang sangat indah yang tidak jauh dari area waduk terdapat situs candi yang memiliki nilai sejarah dan artistik bagi warga surajaya dan masyarakat kabupaten pemalang.

Bukit surajaya tergolong tinggi, karena pengunjung harus melewati susunan tangga yang naik keatas melewati pepohonan seperti hutan sepanjang perjalanan. Dan diatas pepohonan bisa kita lihat kera-kera sedang bermain dan berpindah mengayun dari pohon ke pohon.

Sebelum menuju atas bukit, akan kita temui  Makam Pangeran Purbaya. Sejarahnya adalah  Pangeran Purbaya putra dari Panembahan Senopati  Sultan Hadiwijaya  yang lahir dari Roro Rembayung istri sirinya.

Ketika sudah sampai diatas bukit pengunjung Wisata Pangeran Purbaya Surajaya bisa melihat panorama yang sangat indah dan masih hijau dan asrinya desa surajaya.

Selain menjadi wisata yang mempunyai nilai sejarah bagi masyarakat pemalang. Wisata Pangeran Purbaya Surajaya  juga dijadikan tujuan wisata religi bagi pengunjung yang ingin berdo’a dan ziarah dimakam Pangeran purbaya.

Baca Juga : 

Bukit Besek Cikendung Pulosari Bukitnya Gunung Slamet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *